Mata kuliah ini memberikan kemampuan
kepada mahasiswa untuk memahami gizi dalam pemeliharaan kesehatan ibu dan anak
dengan pokok bahasan konsep dasar ilmu gizi, faktor yang mempengaruhi kebutuhan
gizi, perilaku yang berhubungan dengan gizi, kebutuhan gizi, dan pengelolaan
menu.
B.   KOMPETENSI
LULUSAN YANG AKAN DITUNJANG
1.        
Kompetensi
1
2.        
Kompetensi
2
3.        
Kompetensi
3
4.        
Kompetensi
4
5.        
Kompetensi
5
6.        
Kompetensi
6
7.        
Kompetensi
7
8.        
Kompetensi
8
9.        
Kompetensi
9
C.   KOMPETENSI
MATA KULIAH
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami gizi dalam pemeliharaan
kesehatan ibu dan anak
D.   KOMPETENSI
DASAR
Setelah
mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu:
1.        
Memahami
konsep dasar ilmu gizi
2.        
Menjelaskan
faktor yang mempengaruhi kebutuhan gizi
3.        
Menjelaskan
perilaku yang berhubungan dengan gizi. 
4.        
Menjelaskan  kebutuhan nutrisi untuk bayi, balita, remaja,
ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, lansia
5.        
Mengelola
nutrisi untuk bayi, balita, remaja, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, lansia
dengan
     gangguan kesehatan
6.        
Mengelola
menu untuk bayi, balita, remaja, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, lansia
E.     PROSES
PEMBELAJARAN
Teori           :   Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan
ceramah, tanya jawab dan    
                       penugasan 
  Praktikum 
 :  Dilaksanakan dengan kunjungan lapangan
F.     MATERI
1.     
Konsep
dasar ilmu gizi
2.     
Faktor
yang mempengaruhi kebutuhan gizi.
3.     
Perilaku
yang berhubungan dengan gizi. 
4.     
Kebutuhan
nutrisi untuk bayi, balita, remaja, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, lansia
5.     
Kebutuhan
nutrisi untuk bayi, balita, remaja, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, lansia
dengan gangguan kesehatan
6.     
Pengelolaan
menu untuk bayi, balita, remaja, ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas, lansia
G.    PENILAIAN
Penilaian dapat dilakukan dalam bentuk
ujian tulis, penugasan, dan seminar,  
demonstrasi
| 
   
Aspek
  Penilaian 
 | 
  
   
Persentase 
 | 
 
| 
   
Teori  
 | 
  
   
50 % 
 | 
 
| 
   
1.
  Ujian Akhir Semester  
 | 
  
   
30 % 
 | 
 
| 
   
2.
  Penugasan 
 | 
  
   
15 % 
 | 
 
| 
   
3.
  Kehadiran 
 | 
  
   
   5 % 
 | 
 
| 
   
Praktikum 
 | 
  
   
50 % 
 | 
 
| 
   
1.
  UAS Praktikum 
 | 
  
   
45 % 
 | 
 
| 
   
2.
  Kehadiran  
 | 
  
   
  5 % 
 | 
 
H.     BUKU
SUMBER
 Buku Utama :
1.       
Sediaoetama
Achmad Djaeni. 1991. Ilmu Gizi untuk
Profesi dan Mahasiswa. dien Rakyat, Jakarta
2.       
Karyadi
Darwin Et all. kecukupan gizi. Jakarta,
Gramedia, 1986.
Buku Anjuran :
1.        
Perinasia,
2002. Manajemen Laktasi.  Jakarta.
2.        
Wiston
Eva, Et all. 1979.  Priciple of Nutrition. New York.
3.        
For
the Filippines melriam School office supply, 1990, corps, Manila.
4.        
Lo
Pipes Peggy. 1989. Nutrition invancy and
childhood times. Mirrors/mosby college PublisingUSA.
5.        
BK-PPASI.
1998. Manajemen Laktasi FKUI.
Jakarta.
6.        
Anonimous.
2002. Buku Penilaian Status Gizi.  EGC, WHO. Jakarta.
7.        
Departement
of Helath and Human Service, 1990, Nutrition during Prenances, National Academy
Press, USA.
8.        
I
Dewa Nyoman Supariasa, Bachyar Bakri, Ibnu Fajar, 2001, Penilaian Stutus Gizi, EGC, Jakarta
9.        
Waryono,
2010. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi.
Pustaka Rihana, Yogyakarta
10.      Achmad D. Sediaoetama. 2006. Ilmu Gizi. Dian Rakyat, Jakarta
11.      Solihin Pudjadi. 2000. Ilmu Gizi Klinis Pada Anak. FKUI,
Jakarta
12.      Susan G Dudek. 1997. Nutrition Handbook For Nursing Practise
13.      ARISMAN. 2004. Gizi Dalam Daur Kehidupan: buku Ajar Ilmu
Gizi. EGC, Jakarta
14.      Abiner Siagian. 2010. Epidemiologi Gizi. Erlangga, Jakarta
15.      Heriyani Sulistyoningsih. 2011.
Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak.
Graha Ilmu,
Yogyakarta
- RENCANA PEMBELAJARAN
 
| 
   
NO 
 | 
  
   
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS 
 | 
  
   
POKOK BAHASAN 
 | 
  
   
SUB POKOK BAHASAN 
 | 
  
   
WAKTU 
 | 
  
   
METODE MENGAJAR 
 | 
 ||
| 
   
T 
 | 
  
   
P 
 | 
  
   
K 
 | 
 |||||
| 
   
1. 
 | 
  
   
Pada akhir perkulihan
  mahasiswa dapat: 
Menjelaskan konsep dasar
  ilmu gizi 
 | 
  
   
1.1    Konsep dasar ilmu gizi. 
 | 
  
   
1.1.1     
  Pengertian
  gizi 
1.1.2     
  Sejarah
  perkembangan ilmu gizi 
1.1.3     
  Fungsi
  makanan dalam tubuh 
1.1.4     
  Pengelompokan
  zat gizi menurut kebutuhan 
 | 
  
   
2  
jam 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Ceramah tanya jawab,
  penugasan 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Menguraikan manfaat zat-zat
  gizi bagi wanita sepanjang daur kehidupan 
 | 
  
   
2.1  Manfaat zat-zat gizi bagi
  wanita sepanjang daur kehidupannya. 
 | 
  
   
2.1.1     
  Karbohidrat
  dan efeknya bagi kesehatan. 
2.1.2     
  Lemak
  dan efeknya bagi kesehatan 
2.1.3     
  Protein
  dan efeknya bagi kesehatan. 
2.1.4     
  Vitamin
  dan efeknya bagi kesehatan 
2.1.5     
  Mineral
  dan efeknya bagi kesehatan 
2.1.6     
  Keseimbangan
  air dan elektrolit dalam tubuh 
 | 
  
   
2 
 jam 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Ceramah tanya jawab,
  penugasan 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Menyusun kebutuhan gizi
  seimbang bagi wanita sepanjang daur kehidupan 
 | 
  
   
3.1    Konsep gizi seimbang 
3.2    Gizi seimbang bagi wanita
  hamil 
3.3    Gizi seimbang bagi ibu
  menyusui. 
3.4    Gizi seimbang bagi bayi 
3.5    Gizi seimbang bagi balita. 
3.6    Gizi seimbang bagi anak
  remaja dan dewasa. 
 | 
  
   
3.1.1     
  Pedoman menu gizi seimbang 
3.1.2     
  Faktor-faktor
  yang mempengaruhi penyusunan menu seimbang 
3.2.1     
  Prinsip
  gizi untuk wanita hamil  
3.2.2     
  Faktor-faktor
  yang mempengaruhi gizi ibu hamil 
3.2.3     
  Pengaruh
  status gizi pada kehamilan 
3.2.4     
  Menu
  seimbang untuk wanita hamil 
3.3.1     
  Prinsip
  gizi untuk ibu menyusui 
3.3.2     
  Faktor-faktor
  yang mempengaruhi pemenuhan gizi pada ibu menyusui 
3.3.3     
  Pengaruh
  status gizi pada ibu menyusui 
3.4.1     
  Prinsip
  gizi bagi bayi 
3.4.2     
  Macam-macam
  makanan bagi bayi 
3.4.3     
  Cara
  pengolalaan makanan bayi 
3.4.4     
  Faktor-faktor
  yang mempengaruhi pemberian makanan 
3.4.5     
  Pengaruh
  status gizi terhadap pertumbuhan dan perkembangannya 
3.5.1     
  Prinsip
  gizi bagi balita 
3.5.2     
  Cara
  pengelolaan makanan balita 
3.5.3     
  Faktor-faktor
  yang mempengaruhi pemberian makanan 
3.5.4     
  Pengaruh
  status gizi terhadap pertumbuhan dan perkembangan 
3.5.5     
  Menu
  seimbang untuk balita 
3.6.1     
  Prinsip
  gizi bagi anak remaja dan dewasa 
3.6.2     
  Faktor-faktor
  yang mempengaruhi 
3.6.3     
  Kebutuhan
  gizi seimbang 
3.6.4     
  Pengaruh
  status gizi terhadap system reproduksi 
3.6.5     
  Masalah-masalah
  gizi pada remaja dan dewasa 
 | 
  
   
1 
 jam 
1 
 jam 
1
  jam 
1
  jam 
1
  jam 
1
  jam 
 | 
  
   
6
  jam 
2
  jam 
4
  jam 
4
  jam 
2
  jam 
 | 
  
   | 
  
   
Ceramah tanya jawab, penugasan,
  diskusi interaktif 
Ceramah tanya jawab,
  penugasan, diskusi interaktif 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Menjelaskan
  hubungan gizi dengankesehatan reproduksi 
 | 
  
   
4.1   
  Gizi
  dan Fertilitas 
4.2    Hubungan status gizi dengan
  menarche 
4.3    Hubungan gizi dengan
  mentruasi . 
4.4    Gizi ibu hamil 
 | 
  
   
4.1.1     
  Zat
  gizi pendukung fertilitas 
4.1.2     
  Peran
  zat gizi untuk fertilitas dan pencegahan kemandulan 
- 
4.3.1     
  Prinsip
  diet pada penderita pra menstrual syndrom 
4.3.2     
  Prinsip
  gizi pada menopause 
4.4.1.   
  Kebutuhasn
  gizi ibu hamil 
4.4.2.   
  Status
  gizi ibu hamil 
4.4.3.   
  Pengaruh
  status gizi ibu hamil yang kurang terhadap pertumbuhan janin 
4.4.4.   
  Prinsip
  diet pada hyperemesis 
4.4.5.   
  Prinsip
  diet pada pre eklamsia dan eklamsia 
4.4.6.   
  Prinsip
  diet pada ibu hamil dengan konstipasi 
4.4.7.   
  Prinsip
  diet pada ibu hamil dengan diabetus mellitus 
4.4.8.   
  Prinsip
  diet pada ibu hamil dengan anemia 
4.4.9.   
  Prinsip
  diet diet pada ibu hamil dengan obesitas 
 | 
  
   
1
  jam 
 | 
  
   
4
  jam 
 | 
  
   | 
  
   
Ceramah tanya jawab,
  penugasan, diskusi interaktif 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Memberikan pendidiakn
  kesehatan tentang gizi pada wanita sepanjang daur kehidupan. 
 | 
  
   
5.1    Masalah gizi pada wanita
  sepanjang daur siklus kehidupan 
 | 
  
   
5.1.1     
  Ibu
  hamil 
5.1.2     
  Ibu
  menyusui 
5.1.3     
  Bayi 
5.1.4     
  Balita 
5.1.5     
  Remaja
  dan Dewasa 
 | 
  
   
1
  jam 
 | 
  
   
2
  jam 
 | 
  
   | 
  
   
Ceramah tanya jawab,
  penugasan, diskusi interaktif 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Mengelola menu sesuai dengan
  tingkat kebutuhan 
 | 
  
   
6.1    Pendidikan Kesehatan tentang
  gizi meliputi  
6.2    Tindak lanjut hasil
  pendidikan Kesehatan  
 | 
  
   
6.1.1     
  Menyususn
  menu 
6.1.2     
  Memilih
  bahan makanan. 
6.1.3     
  Mengolah
  bahan makanan/menu 
6.1.4     
  Menyajikan
  makanan 
6.2.1     
  Observasi/Pemantauan
  status gizi 
6.2.2     
  Kllaborasi
  dan rujukan 
 | 
  
   
1
  jam 
1
  jam 
 | 
  
   
8
  jam 
 | 
  
   | 
  
   
Ceramah tanya jawab,
  penugasan, diskusi interaktif 
 | 
 
| 
   
Total
  Jam 
 | 
  
   
16 jam 
 | 
  
   
32 jam 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |||
A.   Proses Pembelajaran
Metode yang dipergunakan dalam
perkuliahan ini bervariasi. Metode ceramah dan diskusi diterapkan saat di
kelas, untuk memberikan bahasan tentang konsep yang dipelajari sebelum
diterapkan lebih lanjut. Hal ini untuk memberikan pemahaman dasar terhadap Gizi dalam Kebidanan.
Selain itu metode diskusi akan
dikembangkan dalam praktikum dengan seminar, baik dalam bentuk diskusi kecil
maupun diskusi kelompok. Setiap peserta diharapkan dapat menyampaikan gagasan
dalam pembahasan baik dalam bentuk argument pribadi atau hasil observasi.
Sehingga dalam diskusi dapat dihasilkan beberapa alternatif pemecahan masalah
yang ada dalam Gizi dalam Kebidanan..
B.  
Prosedur
Pembuatan Tugas Kelompok : 
1.  Satu
kelas  dibagi dalam 4 kelompok,
masing-masing kelompok mendapat 1 materi.
2.  Materi
dikembangkan dalam bentuk makalah sesuai dengan sub pokok bahasannya yang
berisi:
a.      Pendahuluan
b.      Tinjauan
teori
c.      Pembahasan
d.      Penutup
e.      Daftar
pustaka
3.  Makalah
diketik dengan huruf  Times New Roman
ukuran 12, spasi 1.5, disusun minimal 5 halaman kertas kuarto dengan ketentuan:
Tepi atas        :
4cm
Tepi bawah   :
3cm
Tepi kanan    :
3cm
Tepi kiri          :
4cm
4.  Makalah
yang sudah jadi dipresentasikan di depan kelas dengan jumlah slide powerpoint
maksimal 20 slide.
5.  Presentasi
dilaksanakan sesuai jadwal yang tertera di kontrak perkuliahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar